4 FAKTA TENTANG TATA SURYA


Planet Pluto lebih kecil dari negara Amerika Serikat


Jarak seluruh Amerika Serikat hampir 4600 kilometer (dari California Utara ke Maine). Dengan perkiraan terbaik saat ini, sedangkan Pluto hanya lebih dari 3070 kilometer (dari ujung kembali ke ujung semula (bola)).

Hal inilah yang membuat status "planet" Pluto diturunkan menjadi "planet katai" pada tahun 2006 oleh International Astronomical Union (IAU).

Planet Jupiter memiliki lautan terbesar dari pada planet manapun


Mengorbit Matahari di tata surya dengan lima kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi, Jupiter mempertahankan tingkat yang jauh lebih tinggi dari hidrogen dan helium daripada planet Bumi.

Bahkan, Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Tekanan yang meningkat menuju inti Jupiter mengubah hidrogen menjadi cair. Model komputer menunjukkan bahwa tidak hanya memiliki lautan terbesar, tetapi juga yang terdalam (40.000 km).

Ngarai terbesar dan gunung api tertinggi di tata surya ada di Mars


Banyak hal yang masih belum diketahui manusia tentang planet tetangganya, Mars. Fakta menunjukan, di Mars ada ngarai terbesar dan gunung api tertinggi di tata surya kita.


Planet Mars memiliki ngarai terbesar di tata surya, kedalamannya diperkirakan hingga 6 kali lipat kedalaman ngarai di Grand Canyon atau sekitar 10 ribu meter. Gunung Olympus di Planet Mars adalah gunung api tertinggi di tata surya. Ketinggiannya mencapai 27 ribu meter atau 3 kali lipat tinggi Gunung Everest.


Planet Terpanas bukan Merkurius


Kebanyakan orang akan langsung mengasumsikan bahwa Merkurius merupakan planet paling panas di tata surya kita. Ini dikarenakan jarak Merkurius lah yang paling dekat dengan Matahari, sebab ia adalah planet pertama.

Asumsi tersebut, salah. Faktanya, Venus lah yang merupakan planet terpanas di tata surya. Ini dikarenakan adanya efek rumah kaca berlebihan di atmosfer Venus. Sehingga panas Matahari yang masuk ke permukaan tidak akan kembali ke angkasa.

0 comments:

Post a Comment

Halo Semua, silahkan anda berkomentar dengan :

Baik dan sopan,
Jangan sampai merugikan siapapun,
Tidak boleh ada iklan di kolom komentar,
Dan tidak semua komentar bisa dibalas dengan cepat.

Komentar di sini juga menggunakan moderasi, jadi tidak semua komentar bisa terbit dengan cepat

Terima Kasih!

 
Top