SEJARAH DAN PENGERTIAN CUT, COPY & PASTE

Sejarah . . .



Istilah paste dekat sekali dengan Pasta. Sejenis pasta tertentu dipakai oleh para publisher kuno untuk mengedit bacaan sebelum diterbitkan. Caranya dengan menggunting, lalu menempelkannya pada bagian lain. 

Untuk melekatkannya, mereka menggunakan media pasta. Tidak hanya jenis pastanya yang unik, tapi juga jenis guntingnya. Mulut gunting yang dipakai panjangnya ada yang sampai 8,5 inchi.


Semenjak komputer mulai populer, gunting dan pasta ini mulai ditinggalkan. Namun tidak langsung mudah seperti sekarang ini. Di era 60-an, sederet command panjang harus diketik untuk mengcopy lalu mengcopy sebuah tulisan lali mempaste di tempat tertentu. Sedikit perubahan di era 1974-1975, seorang karyawan Xerox bernama Lawrence G. Tesler menemukan cara copy paste yang lebih sederhana. Disusul kemudian oleh Apple (1981) yang mulai memunculkan penggunaan tombol ctrl C untuk mengkopy, ctrl X untuk Cut , dan ctrl V untuk mempaste.

Teknologi tersebut semakin lengkap dengan munculnya ctrl Z untuk pembatalan (undo). Windows pun mengadopsi teknologi hasil temuan Apple tersebut.

Pengertian . . .

Dalam komputer, istilah Cut berarti menggunting suatu teks, file, folder, atau yang lainnya. Cut tidak akan menggandakan sesuatu yang telah digunting tersebut, perintah cut akan memindahkan sesuatu tersebut ke tempat tujuan.

Copy berarti menyalin, perintah copy digunakan untuk menggandakan suatu file, teks, folder atau lainnya, cara kerjanya adalah menggandakan sesuatu tersebut untuk dipindahkan ke tempat yang lain.


Perintah cut dan copy tidak akan berfungsi dan tidak akan berarti tanpa perintah paste, paste digunakan untuk menempelkan hasil cut/copy tadi ke tempat tujuannya.

0 comments:

Post a Comment

Halo Semua, silahkan anda berkomentar dengan :

Baik dan sopan,
Jangan sampai merugikan siapapun,
Tidak boleh ada iklan di kolom komentar,
Dan tidak semua komentar bisa dibalas dengan cepat.

Komentar di sini juga menggunakan moderasi, jadi tidak semua komentar bisa terbit dengan cepat

Terima Kasih!

 
Top