BIASAKAN DIRI ANDA UNTUK MELAKUKAN BEBERAPA KEBIASAAN INI AGAR TERHINDAR DARI SERANGAN PENYAKIT KANKER


Kanker adalah penyakit yang banyak menyebabkan kematian di dunia, dan salah-satu penyebab kanker adalah pola hidup yang kurang baik. Pencegahan bisa dilakukan dari sekarang atau anda akan menyesal esok hari nanti, cara pencegahannya pun cukup mudah, apalagi jika pencegahan ini dilakukan sejak dini. Pola hidup sehat yang hanya anda perlukan untuk masalah ini.

1)     Hentikan Kebiasaan Merokok


Di Amerika, kanker paru-paru merupakan penyakit yang paling mematikan dari penyakit kanker lainnya, kanker paru-paru menghilangkan setidaknya 3000 nyawa setiap harinya, dan 90% penyebabnya adalah merokok.

2)     Turunkan Berat Badan


Selain tidak baik untuk kesehatan jantung, kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker seperti, kanker payudara, kanker pankreas dan kanker ginjal. Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan sebaik mungkin untuk menguranginya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

3)    Konsumsi Makanan Sehat


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjaga pola makan Anda tetap sehat, selain dapat menurunkan berat badan, makanan sehat juga berguna untuk menurunkan resiko kanker, contohnya adalah buah-buahan seperti tomat, semangka dan buah lain yang mengandung lycopene, yang efektif untuk menurunkan resiko kanker prostat.

4)    Jauhi Minuman Keras


Jika Anda ingin terbebas dari kanker, hentikan segera kebiasaan minum minuman keras. Alkohol yang terdapat pada minuman keras dapat meningkatkan resiko kanker seperti, kanker mulut, tenggorokan, dan esophagus. Resiko akan meningkat 2 kali lebih besar jika Anda gabungkan konsumsi alkohol dengan kebiasaan merokok.

5)    Olahraga Yang Teratur


Segala macam aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda aktif bergerak dapat mengurangi resiko kanker. Olahraga teratur adalah salah satu cara efektif mencegah serangan kanker. Dengan olahraga secara teratur, Anda dapat menurunkan resiko kanker 30-50%.

6)    Hindari Stress


Stress memang tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan resiko kanker. Tapi, saat Anda stress, ada kecenderungan untuk melakukan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras, makan berlebihan dan sebagainya. Kebiasaan inilah yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker.

7)    Lakukan Pemeriksaan Medis


Anda bisa memeriksakan kondisi Anda kepada dokter ahli untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena penyakit kanker. Pemeriksaan medis biasanya dilakukan dengan menggunakan metode seperti, pap smear atau colonoscopy. Metode ini dapat membantu mendeteksi perubahan pre kanker yang jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi kanker serviks atau kanker usus besar.

8)    Ketahui Riwayat Medis Keluarga Anda


Dengan mengetahui riwayat medis keluarga, Anda dapat mengetahui apakah Anda berisiko penyakit kanker atau tidak. Para ahli mengatakan bahwa, dengan mengetahui riwayat medis keluarga, Anda akan lebih mudah mendeteksi dan mengatasi resiko kanker lebih dini, sehingga Anda dapat terhindar dari serangan kanker yang mematikan.

Turunkan resiko penyakit kanker anda dengan menerapkan pola hidup sehat, dan mulai menghindari kebiasaan yang tidak sehat. Konsultasikan ke dokter jika Anda ingin  mengetahui perkembangan kesehatan anda, dan untuk deteksi dini jika Anda mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan kanker.

0 comments:

Post a Comment

Halo Semua, silahkan anda berkomentar dengan :

Baik dan sopan,
Jangan sampai merugikan siapapun,
Tidak boleh ada iklan di kolom komentar,
Dan tidak semua komentar bisa dibalas dengan cepat.

Komentar di sini juga menggunakan moderasi, jadi tidak semua komentar bisa terbit dengan cepat

Terima Kasih!

 
Top