POLA UNIK ANGKA 1-9 DENGAN BAHASA INDONESIA

Setiap negara, bangsa, dan daerah pasti memiliki penyebutan dan cara pengucapan tersendiri untuk angka-angka 1 sampai dengan 9. Misalnya angka 1, diucapkan satu (Bahasa Indonesia), one (Bahasa Inggris), sici (Bahasa Jawa), wahid (Bahasa Arab), settong (Bahasa Madura), dan sebagainya.

Tapi ternyata angka atau bilangan yang diucapkan dengan Bahasa Indonesia memiliki struktur atau pola yang unik dan mungkin tidak akan ditemukan di dalam bahasa lain.

Perhatikan baik-baik deretan angka-angka di bawah ini!



1 = Satu

2 = Dua

3 = Tiga

4 = Empat

5 = Lima

6 = Enam

7 = Tujuh

8 = Delapan

9 = Sembilan

Apa yang unik dari pola angka tersebut?

Ternyata, setiap angka memiliki saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya angka 1 (Satu) dan 9 (Sembilan), kedua angka tersebut mempunyai awalan huruf yang sama, yaitu S. Dan apabila dijumlahkan, hasilnya adalah sepuluh.

Hal tersebut juga berlaku pada pasangan angka lainnya, yaitu  2 (Dua) dan 8 (Delapan), 3 (Tiga) dan 7 (Tujuh), serta 4 (Empat) dan 6 (Enam). Sedangkan 5 dijumlahkan dengan dirinya sendiri hasilnya juga sepuluh.

Tidak sampai di situ, ternyata huruf awalnya juga mempunyai peranan yang penting dalam terbentuknya bilangan itu. Misalnya, angka 1 (Satu) dan 9 (Sembilan), sama-sama diawali dengan huruf S, jika kedua angka tersebut digabungkan maka hasilnya adalah 19 yang kebetulan huruf S berada pada urutan ke-19 dalam alfabet.

Apabila angka 1 (Satu) dan 9 (Sembilan) dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya, maka hasilnya adalah 5, dan bentuk angka lima (5) sangat identik dengan huruf S.

Kemudian angka 2 (Dua) dan 8 (Delapan), huruf awalnya adalah D, dan huruf D berada pada urutan ke-4 dalam alfabet, bila angka 8 (Delapan) dibagi 2 (Dua) hasilnya adalah 4.

Selanjutnya angka 4 (Empat) dan 6 (Enam), dalam alfabet huruf E ada diurutkan 5, dan angka 5 terletak antara angka 4 dan 6.


Sedangkan angka 5 (Lima) huruf awalnya adalah L, dimana huruf L digunakan sebagai simbol angka 50 (Lima Puluh) dalam perhitungan Romawi.

0 comments:

Post a Comment

Halo Semua, silahkan anda berkomentar dengan :

Baik dan sopan,
Jangan sampai merugikan siapapun,
Tidak boleh ada iklan di kolom komentar,
Dan tidak semua komentar bisa dibalas dengan cepat.

Komentar di sini juga menggunakan moderasi, jadi tidak semua komentar bisa terbit dengan cepat

Terima Kasih!

 
Top